pagi itu di lorong kampus (sang gadis berkerudung merah muda)

pagi itu di lorong kampus,

“Bro liat cewek yang jilbab pink, eh merah muda itu gak? ntu, yang lagi jalan di lorong”

“liat, mang napa?”

“kebetulan kemaren kita sekelas, ada satu mata kuliah yang sama kelasnya ma dia. waktu ngobrol ma dia asik banget bro, supel banget, beda ma cewek cewek jilbab dalem lain yang, jutek banget”

“oh”

“kok oh doang?”

“lantas saya ma jawab apa?”

“eh bro, elu satu organisasikan sama dia? anak forum kan dia?”

“iya, napa?”

“mintain nomor hapenya dong”

saya nyengir, “dapet mimpi apa lu semalam mau minta nomor dia?”

“yeee, sapa tau jodoh bro”

“ah kalo jodoh mah napa gak lu lamar aja langsung”

“ah, elu main lamar langsung aja, kemaren kita baru ngbrol asik masak langsung lamar aja, Pe De Ka Te dulu napa”

“ah, elu gak jantan dong kalo gitu, jodoh itu nikah bro, temuin noh bapaknya”

“biarin dah gak jodoh gak napa, yang penting nomor hapenya dulu, minimal bisa jadi temen ngobrol dan berbagi rasa gua aja dah, sumpah kemaren gua kerasan ngobrol ma dia”

“bodo dah, elu cari aja ndiri, oh iya by the way lu ada sholat shubuh gak tadi?”

“eh kok tiba-tiba nanya gituan?”

“jawab aja napa, mau nomor kagak?”

“hehe, gua ketiduran semalam bro, kemaren liga Inggris yang main tim kesayangan gua bro, jam 7 baru bangun, langsung siap-siap ngampus”

saya lagi lagi nyengir, “sholat shubuh lu aja lewat, pake mo deketin tu cewek jilbab tadi, dah sekarang lu lurusin dulu dah shalat lo, sapa tau setelah lo bener, Allah mempertemukan elu di jalan yang lebih baik, inget bro, cewek baik cuma buat cowok baik, elu dah baik pa kagak coy?”

dianya cuma garuk-garuk kepala, “tapi bukan begitu bro”

“bukan begitu gimana?”

“dia lain bro, dia gak kayak temen-temen jilbab lu yang lain, kalo disapa dia senyum manis ma gua, waktu nanya soal tugas dan gua duduk di samping dia deket banget dia nya biasa aja, kalo yang laen mah jangankan duduk deketan ngeliat aja pada susah, bawaannya nunduk mulu”

giliran saya yang garuk-garuk kepala, “trus ?”

“trus, waktu gua cek facebooknya, dia majang foto kita waktu lagi bareng-bareng pelitian di labor, pake di mention ke twit lagi bro”

kening saya berkerut, “foto bareng? maksud lu seluruh kelompok lu? trus?”

“iyalah seluruh kelompok penelitian gua, trus, ni nih yang bikin hati gua debar-debar mulu, waktu gua candain dan gua siulin waktu pulang ngampus kemaren, eh dia nya malah ngejulurin lidah ma gua sambil ketawa ketawa kecil gitu dan mukul tangan gua ma bukunya dia, rasanya dia juga da rasa dah ma gua bro”

“ah, kenapa kagak sama pot bunga wajah lu di gampar nya dan ngejulurin lidah? kayak primata yang doyan pisang gitu yak?”

“ya kagak lah coy, ah gilak lu, astaga, kawai banget dah dia kemaren bro”

makin kenceng saya garuk garuk kepala, “trus ?”

“ah, elu trus trus mulu, ya minta nomornya lah, masak koordinator di forum kagak punya nomor anggotanya?”

“jadi kalo koordinator harus punya nomor semua orang gitu?”

“ya kagak sih, cuma elu kan bisa tolong nyariin, ayolah masa anak forum kagak mau menolong sesama, kan gua cuma minta nomor hape gak nomor togel bro?”

“haha, justru karna mau menolong elu biar gak terjerumus maksiat makanya gua gak mau nolong cariin tu nomor, ingat bro dia mah bukan mahram elu, lagian elu disuruh ngelamar kagak berani, cemen lu bro”

“kan dah gua bilang buat pedekate dulu”

“lagian elu ge er nya stadium akut bener dah, tu cewek kayak gitu sapa tau cuma pengen ramah ma elu doang, biar elu gak negative thinking ma cewek jilbab yang lain, biar elu gak su’udzhon ma dia”

“tapi beda banget dah bawaan dia ke gua bro, manis banget”

“lu kata gulali apa manis, nah gini aja dah bro, kalau elu berkenan gua mau ngasih saran ma elu mengenai gadis ini, pertama lu gak ragu kan ma janji Allah dan ayat ayat Allah dalam Aq-Qur’an?”

“yee, kagak gua gak ragu”

“Alhamdulillah, berarti masih ada iman di hati lu. nah kan udah gua bilang tadi, kalo Allah berjanji dalam Qur’an surat An-Nur ayat 26 kalo pria baik itu untuk wanita baik juga dan berlaku sebaliknya. jadi pertanyaan gua, kira-kira dah matching kagak elu ma dia? dia rajin shalat, nah elu shalat shubuh lu tuker ma tim kesayangan elu? dia rajin nongkrong di masjid dan majelis ilmu, lu nongkrong di perapatan ma kafe kafe. ya gak cocok bro. maksud gua belum cocok, nah lu bikin dah diri lu cocok dan pas jadi imamnya dia, gimana?”

dianya diam aja, nunduk, dengan wajah sendu, “iya gua gak pantas ma dia ya”

“bro masih pagi, jangan pasang tampang mendung gitu dong, gua ralat lagi dah, bukan gak pantas, inget bukan gak pantas, tapi beeeluuum aje bro, siapain dulu diri lu. ubah diri lu, akhlak lu, akidah lu, ibadah dan pola pikir lu juga di maintenance ulang bro, biar jadi pasangan yang cocok bagi dia, kalau jodoh mah, ntar ketemunya di pelaminan juga, InsyaAllah bro, gimana masih butuh nomornya?”

“kalo tetep dikasih nomornya gua gak nolak, rejeki kok di tolak”

“yeeeee, perlu di ruqyah dah elu kayaknya, eh bentar ada pesan masuk nih”, saya membaca pesan di tablet yang baru saja masuk

“pesan apa bro?”

“dari komting, katanya dosen kita pagi ini gak masuk, Subhanallah, katanya komting anak beliau masuk ke rumah sakit ba’da shubuh tadi, duh syafakillah anaknya pak, duh kalo gitu saya cabut dulu bro” sembari melangkah menjauh

“kemana lu?”

“mau ke mesjid, shalat dhuha dulu, ma nyempetin tilawah, napa lu mau ikut? ayuk”

“eeeeeee, gimana ya?”

“kalo gak gua duluan ya, Assamu’alaikum brother”

“wa’alaikumsalam, eh gua ikut gua ikut, tunggu gua bro”

aku menunggunya dengan memperlambat langkah, “cieeeeee, nah gitu dong, semangat memperbaiki diri bro”

“tunjukin gua cara shalatnya yak” kini dia sudah berjalan di samping saya

“wokeh… Astagfirullah, eh bro, ada yang gua lupa bilangin soal cewek yang jilbab merah muda yang lu tanyain tadi”

“napa?”

“dia udah nikah lo bro”

“hah ?!”

N.B :

Tidak pernah mau menyapa, bersikap dingin ketika disapa, enggan tersenyum, selalu menunduk ketika bertemu lawan jenis, jutek jika diajak ngobrol.

Itu semua apa? Bentuk penjagaan diri atau mengekslusifkan diri?

Dan bercanda ria, dengan mudahnya melempar senyum, obrolan yang mengalir asik bagai anak sungai, dan bahkan tak sungkan untuk menyentuh.

Itu semua apa? Bentuk keakraban kepada lingkungan atau memperendah izzah diri?

sejatinya kejadian persis seperti tulisan di atas belum pernah didapati “saya” di dunia nyata, adapun yang mendekati dan dengan tema yang menyerupai mungkin “kita” semua pernah mendapati, jadi dalam tulisan di atas rasa tak perlu memberikan justifikasi dan penghakiman pada siapa pun. cukup menjadi bacaan, dan syukur-syukur jadi bahan pembelajaran “saya” dan “kita” dan statement di atas rasanya cukup mewakili kiranya apa yang jadi titik tuju “saya” sebagai narator akan kisahnya dengan sang “brother” di sebuah pagi di lorong kampus,

Allahu’alam

2 thoughts on “pagi itu di lorong kampus (sang gadis berkerudung merah muda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s