Tak hanya sekedar Toga dan ceremonial belaka

togaini hari hari yang ditunggu tiap umat yang mengabdikan dirinya sebagai mahasiswa, serasa jadi raja atau ratu sehari. momen dimana ia dinobatkan menjadi sarjana sesuai bidang masing-masing. pahitnya perjuangan perkuliahan, sidang akhir, kompre dan segala kegetiran semasa kuliah bagaikan sirna di hari itu.

Alhamdulillah, 7 september ini aku juga berkesempatan mengecap pengalawan diwisuda. ah, ternyata tak senikmat kata orang kebanyakan. lebih banyak capeknya bagiku. berpakaian semi formal, kemeja berdasi, ditambah baju kebesaran para wisudawan, pakaian toga. dengan topi yang memiliki topi jambul yang bergelayutan. yang akan dipindahkan pimpinan kampus dari kiri ke kanan sebagai pengesahan sebagai seorang sarjana, klise.

bagiku, hari ini tak sekedar ceremonial kelulusanku, setelah hampir 3 tahun mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Padang. ini juga bukan akhir perjuangan, ini bukan hari untuk bersenang-senang, dan ini juga bukan sekedar ajang berfoto bersama teman teman. lebih dari itu, bagiku hari ini lebih dari yang mereka bayangkan. ini baru awal langkahku di dunia yang kejam. dimana ilmuku kan diuji, tarbiyahku kan dicoba. sejauh mana jiwa ini tertempa, sekuat apa ia kan menanggung peran dalam bermasyarakat, dan seberapa besar tekad dalam mensyiarkan Islam. hari ini semua akan dimulai.

wisuda

La Roihata ba’dal Yaum (Sejak hari ini tak ada lagi istirahat), saatnya beramal dengan sebaik-baik amal, selalu memperbaiki diri, dan mengabdikan ilmu pada nusa, bangsa, dan negara seperti tertera dalam janji wisudawan

ini, tak sekedar toga dan bajunya saja…
ini lebih dari itu…

8 thoughts on “Tak hanya sekedar Toga dan ceremonial belaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s