Sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat

Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman,

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, ‘Bilakah datangnya pertolongan Allah?’ Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al-Baqarah: 214)

pernahkah engkau merasa pertolongan Allah begitu dekat ?
sedekahmu begitu nyata di ganti oleh Allah ?
atau hal hal lain nya yang menguatkan iman dalam dada ?

jika belum teruslah mencari wahai saudaraku, karena pada titik itu engkau akan merasakan betapa indahnya janji yang telah Allah beri pada kita

itu yang sudah saya rasakan…
selasa lalu, 18 juni 2013, hari ini agung, adikku yang nomor dua akan melakukan pendaftaran ulang di kampus barunya. ia mendapat PMDK atau SNMPTN Undangan di jurusan seni rupa, Fakultas bahasa dan seni, UNP dengan prodi Desain Komunikasi Visual. dan setelah shubuh tadi ia berangkat dari Bukittinggi. dengan asumsi saya ia akan sampai di Padang kira kira pukul 08.00

Awalnya semua berjalan biasa saja, kebetulan malam nya saya menginap di kampus, dan pagi pagi ba’da shubuh berangkat ke bawah (bahasanya kebawah karena kampus saya yang paling tinggi di kota Padang ^_^ ). masih biasa saja, ketika saya mulai meluncur dari wisma menuju UNP…

Nah, ketika berada di daerah Ampang, hal yang tidak biasa terjadi. Motor yang saya naiki terasa oleng dan hampir menabrak pengendara lain. Dari belakang ada pengendara motor yang meneriaki saya, “diak, ban nyo bocor”. sembari menunjuk-nunjuk ke arah ban belakang motor saya. pantas terasa oleng. mau tak mau motor harus saya pinggirkan dan Alhamdulillah tidak jauh dari sana ada jasa tambal ban. saya langsung kesana dan tanpa basa basi si abang yang menambal ban segera mengerjakan tugasnya.

ini dia hal luar biasanya, ketika saya periksa isi kantong isinya kosong. bukan lupa bawa uang, tapi memang belum dapat kiriman. kecemasan ini bertambah dengan tidak ada pulsa dan dompet pun lupa dibawa. panik ? tentu panik, adik saya mengirim SMS. Ternyata telah berada di lokasi. ia telah menunggu-nunggu kehadiran saya di gerbang UNP. dan saya masih belum bisa bergerak dan entah bagaimana bisa kesana. sampai saya berpikir gadaikan saja handphone yang ada dulu nanti tebus lagi. aduh, benar benar panik.

tapi, Allah berkehendak lain. ketika sedang berdiri di tepi jalan penuh kepanikan. ada seorang ikhwan senior alumni fakultas pertanian Unand yang lewat dan Alhamdulillah beliau menyapa saya. saya terkejut dan langsung memanggil beliau dan meminta menepi dulu. beliau bingung, namun senyum cerah yang hadir di wajah saya. bagaimana tidak, ini lah jawaban Allah akan kesulitan saya saat ini. saya pinjam dana nya secukupnya untuk membayar jasa tambal ban itu. sekitar Rp 6000,- dan masih di tambah beliau dengan beberapa lembar uang 10.000 sebagai pegangan katantya. AllahuAkbar ! akhirnya saya bisa melanjutkan perjalanan menuju UNP.

Sungguh pertolongan Allah akan datang, maka janganlah mengeluh !

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Razin disebutkan,

عجب ربك من قنوط عباده و قرب غيثه فينظر إليهم قانطين فيظل يضحك يعلم أن فرجهم قريب الحديث

“Tuhanmu merasa heran dengan keputus-asaan hambaNya padahal pertolonganNya sudah amat dekat. Maka Allah memandangi hamba-hambaNya yang berputus asa. Dia terus tertawa memandangi hamba-hambaNya padahal Dia amat tahu bahwa pertolongannya begitu dekat.”  Tafsir Ibnu Katsir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s